kartun belajar

Membahas kitab kuning pastiny tidak luput dari yang namanya pesantren.Pesantren adalah lembaga paling kuno di dunia , dan pesantren merupakan tempatpara santri mencari ilmu khususnya ilmu yang berbasis agama, dan memperdalaminya  dan komponen yang ada di dalamnya adalah seorang kiahi karismatik yang ditaati oleh para santri, musholla,dan  masjid yang biasanya dibuat tempat pengajian.

                Kitab kuning atau classical book bisa diartikan dengan tulisan arab atau huruf arab yang dikumpulkan dalam satu cetakan,oleh seseorang  yang populer disebut dengan imam atau muallif.

                Kitab kuning sesungguhnya menjadi alat pengetahuan dan kebenaran bagi orang yang mencari ilmu, tampa harus mengenyampingkan al-qur’an dan hadist, karna sebenarnya kitab kuning adalah nalar pikir ulama’ yang takkan luput dari al-qur’an dan hadist.

                Sedangkan di zaman sekarang, popularitas kitab kuning semakin menurun baik di kalangan santri ataupun mahasiswa. Buktinya banyak di kalanga santri lebih memilih kitab putih ( terjemahan ), dari pada kitab kuning khususnya ketika ujian (imda).dan tak jarang dari mahasiswa yang lebih memilih novel dari pada membaca kitab.

                Mungkin yang menyebabkan mereka tidak mau mebaca kitab kuning adalah penyakit malas atau ketidak mauan mereka membaca kitab karna lantaran ketidak pahaman mereka dengan kitab kuning.tapi seandainya kita terus berusaha dan semangat belajar,maka insyaallah Dia akan mengkabulkan hajat kita.