Artikel

Saya Santri, Saya Mahir Teknologi

Kita adalah manusia yang hidup di zaman milenial alias zaman now. Dengan nama ynag sekeren itu, maka sudah pasti banyak hal-hal keren yang ada di dalamnya. Salah satunya adalah perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi di zaman melenial sangat maju. Benar-benar maju dibandingkan dengan zaman-zaman yang lampau. Bahkan, bisa di katakan bahwa icon atau ciri khas dari zaman milenial itu sendiri adalah teknologi. Karena perbedaan yang paling mencolok di zaman milenial dengan zaman yang lain adalha teknologinya.

Teknologi adalah, hasil karya manusia yang diciptakan dari hasil pemikiran manusia secaralogika

Terhadap suatu kondisi dengan tujuan memenuhi kebutuhan hidupnya. Gambaran mudah mudahnya adalah, ketika kita merasa kesulitan dalama melakukan perjalanan jauh disebabkan waktu yang lama, banyak menguras tenaga dan problem-problem yang lain, maka kita akan berfikir bagaimana cara untuk mengatasi masalah tersebut. Pada akhirnya, kita membuat mobil, kapal, pesawat terbang dll.

Pada zaman dahulu, masih belum ada teknologi-teknologi canggih seperti sekarang. Bahkan pembuatan peralatan dari batu merupakan teknologi tertua bagi beradaban manusia. Masa manusia menggunakan perkakas batu dikenal dengan nama zaman batu. Kemudian umat manusia semakin berkembang dengan menciptakan peralatan baru yang terbuat dari logam. Seiring berjalannya waktu. Umat manusia terus mengembangkan peralatan mereka dengan menciptakan berbagai penemuan fantastis sehingga terciptalah teknologi yang canggih seperti sekarang dan akan terus berlanjut.

Selama abad pertengahan (350 M-1450 M), kebudayaan Yunani kuno & romawi memiliki

Pengaruh besar terhadap perkembangan teknologi dunia. Mereka di kenal sebagai bangsa yang menemukan banyak teknologi baru dengan cara mengubah dan memperbaiki cara kerja benda yang sudah di kenal sebelumnya.bangsa asia juga tak kalah hebat banyak teknologi baru yang berhasil diciptakan oleh bangsa ini. salah satunya adalah bangsa cina, diantara teknologi baru yang berhasil diciptakan oleh bangsa cina adalah : kertas, mesin, kain sutra,magnet,Teknik cetak dll.  

Pada renainsas (masa peralihan dari abad pertengahan kea bad modern di eropa pada abad 14 sampai abad-17, pusat kebangkitan tegnologi berada di eropa. Di sana, tegnologi dan ilmu pengetahuan berkolaborasi dalam membangun peradaban manusia yang lebih maju. satu masa penting perkembangan tegnologi pada masa revolusi indrustri(abad ke-18) yang di mulai dengan penemuan mesin tekstil oleh Richard arkwright. Ilmuan inggris dan dan mesin uap oleh james watt.dengan adanya berbagai penemuan ini, banyak pabrik semakin terbantu dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas (jumlah) produk mereka.                                          Ketika  memasuki abad ke 20, tegnologi semakin berkembang pesat. Perkembangan computer menjadi salah satu kemajuan yang paling spektakuler dalam perkembangan teknologi di abad ini. Dengan di temukannya teknologi komputer, banyak teknologi-teknologi baru yang berhasil di ciptakan seperti internet, e-mail, game online, aplikasi hp, dll.

Yang perlu kita pahami adalah keberadaan teknologi sangat bermanfaat bagi

Keberlangsungan hidup kita. Dalam bidang komunikasi, teknologi membantu kita untuk berkomunikasi dengan cara yang lebih instan, seprti hp. Dengan adanya hp, kita bisa berkomunikasi dengan orang yang jaraknya berkilo-berkilo meter dari kita. Kita tidak perlu mengirim surat dan menunggu balasan dari penerima surat dengan waktu yang lama seperti ang terjadi di zaman-zaman kerajaan dahulu kala. Teknologi membuat kita bisa melakukan komuniksa dengan jangkauan yang lebih laus, cara yang lebih praktis dan lebih menghemat banyak waktu.

Internet juga salah satu teknologi yang sangat mencolok di zaman milenial ini. Dengan adanya internet, peristiwa yang terjadi di satu tempat, bisa diketahui oleh seluruh dunia hanya dengan waktu yang sangat sebentar. Oleh karena iyu, bisa dikatakan bahwa kita ini hidup di era globalisasi karena di era ini kita bisa me negtahui berbagai peristiwa di seluruh dunia hanya dengan waktu yang di sabdakan oleh Rasulallah SAW, “sebaik-sebaiknya manusia yaitu, yang bermanfaat bagi manusia lain”. Kita bisa memanfaatkan teknologi untuk mengamalkan hadist ini. Yang pada awalnya kita hanya bisa berbagi ilmu pengetahuan kepada teman-teman kita saja menggunakan papan tulis dan spidol, kini kita bisa berbagi ilmu pengetahuan kepada seluruh dunia dengan menggunakan youtube, Instagram, dll.

Oleh karena itu, hendaknya kita bersyukur kepada Allah SWT yang telah menghidupkan

Kita di zaman yang penuh dengan kemudahan dan kecanggihan teknologi ini. Jadikanlah teknologi sebagai alat yang bermanfaat dan membuat kita cerdas, bukan malah membuat kita manja dan bodoh. Karena teknologi diciptakan dengan tujuan untuk memudahkan urusan-urusan kita, bukan malah membuat kita lalai pada pekerjaan kita. Karena orang yang menggunakan sesuatu tidak sesuai dengan  tujuan, sama seperti orang yang meletakan sesuatu pada tempatnya (zdolim).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button